New Post

Cara Membuat Backup yang bisa di edit Mikrotik

Cara Membuat Backup yang bisa di edit Mikrotik
A. PENDAHULUAN
1. Pengertian
Ada kalanya kita menambah router, namun kira tidak ingin melakukan konfigurasi ulang. Kemudian terpikir untuk mengambil konfigurasi router yang sudah ada dengan fitur backup, kemudian di restore di router baru. 
Tapi tunggu dulu, penggunakan fitur backup dan restore hanya disarankan untuk router yang sama atau router dengan seri dan tipe yang identik.
2. Latar Belakang
Jika sudah berbeda router, kami sarankan jangan menggunakan backup-restore, karena ada kemungkinan malah akan terjadi error. Solusinya adalah dengan menggunakan fitur Export dan Import.
3. Tujuan
By default perintah Export hanya akan menampilkan kumpulan perintah konfigurasi pada terminal. Akan tetapi, kumpulan perintah yang ditampilkan oleh fitur export bisa juga disimpan dalam bentuk file dengan menambah parameter "file".
B. ALAT DAN BAHAN
Hardware
Laptop
Router
Software
Winbox
notepad
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
3 Menit
D. LANGKAH KERJA
1. Masuk ke new terminal
2. Gunakan perintah export untuk mengambil semua konfigurasi dengan format .rsc
3. Kita lihat pada files di situ terlihat bahwa ada file baru berformat .rsc
4. Drag keluar winbox yaitu penyimpanan laptop kalian
5. Selesai kalian bisa mengeditnya dengan notepad atau texteditor lainya
E. TEMUAN MASALAH
N/A
F. KESIMPULAN
Perlu diketahui, perintah export tidak akan menyimpan/menampilkan konfigurasi account dan password internal user MikrotikOS. Jadi, mulai saat ini Anda harus bisa mempertimbangkan kapan menggunakan backup/restore dan kapan menggunakan export/import.
G. REFERENSI
Mikrotik.co.id

1 comment: