New Post

Sertifikasi MTCNA Bersama Pak Ziad Sobri

Sertifikasi MTCNA Bersama Pak Ziad Sobri
A. PENDAHULUAN
1. Pengertian
MTCNA adalah sertifikasi networking pada level dasar (associate) yang diperuntukkan bagi mahasiswa/engineer/umum yang ingin mendalami teknologinya Mikrotik. 

Foto Suro.
Tidak hanya teknologinya saja yang dipelajari, tapi juga perangkatnya Mikrotik yaitu Routerboard.  MTCNA saat ini menjadi requirement bagi engineer yang ingin terjun ke dunia teknologi informasi khususnya networking. Dengan memiliki MTCNA, engineer memiliki prospek pekerjaan yang kompetitif untuk kedepannya.
2. Latar Belakang
Semua orang wajib untuk mengikuti training MTCNA ketika Anda ingin mengambil ujian MTCNA. Mikrotik sendiri  menjadikan syarat training sebagai syarat untuk mengikuti ujian MTCNA. Jika Anda sudah pede untuk ujian, bisa langsung daftar ke INTRA, tapi jika  belum pede, disarankan untuk baca modul INTRA, karena jika Anda gagal dalam mengerjakan soal ujian MTCNA maka Anda akan kehilangan 2 Juta.
3. Tujuan
Mengikuti Ujian MTCNA dann lulus
B. ALAT DAN BAHAN
Hardware
Laptop
Router MikroTik
Software
MTCNA_Outline.pdf
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
60 Menit
D. LANGKAH KERJA
Peraturan Ujian MTCNA
1. Soal ujian sertifikasi menggunakan bahasa Inggris. 
2. Tidak boleh copy paste dan screenshot soal.
3. Waktu mengikuti Ujian Online Jika Score Dibawah atau sama dengan 49 maka dinyatakan TIDAK LULUS
4. Jika Score Antara 50%-59% akan mendapat kesempatan yg ke 2 dengan Mengikuti Ujian Online sekali lagi (biasanya soalnya lebih rumit dan kebetulan saya mendapatkan kesempatan kedua juga)
5. Jika Score 60% keatas dinyatakan LULUS
6. Dan bagi yg ingin menjadi TRAINER Score Lulus Minimal 75 %
7. Masa Berlaku Sertifikat 3 Tahun
8. Tipe ujian nya open book, jadi boleh buka buku apa saja, namun tidak boleh tanya dan mencontek siapapun.
Materi MTCNA Bisa di download pada website Resmi Mikrotik
Untuk pengalaman saya ujian ini dilaksanakan pada sore hari sayan mengikuti ujian ini 2 kali karena pada saat pertama nilai saya kurang dan  saya mendapat second chance
E. TEMUAN MASALAH
N/A
F. KESIMPULAN
Dalam mengikuti kegiatan sertifikasi ini, tidak dipungut biaya sertifikasi alias gratis. BLC bekerja sama dengan INTRA Training Center mengusahakan untuk menggalangkan ujian sertifikasi ini secara gratis. Sebelumnya, pernah ada workshop
dari INTRA mengenai MikroTik Fundamental dan Juniper Fundamental. Pada saat itu, CEO INTRA mencoba untuk berusaha agar pak Ziad Sobri mau mengadakan ujian ini. Hari ini, hal itupun terwujud.
G. REFERENSI
N/A

No comments