New Post

Kemampuan Verbal



Kemampuan Verbal
Definisi verbal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah /ver·bal/ /vérbal/ secara lisan (bukan tertulis), sedangkan kemampuan verbal adalah kemampuan potensial seseorang dibidang bahasa yang dapat diukur melalui tes pengetahuan verbal kosakata atau perbedaharaan kata, padanan kata atau verbal analogi, persamaan kata atau sinonim, lawan kata atau antonim serta verbal lainnya.
Tes kemampuan verbal adalah tes yang digunakan pada psikotes atau psikologi yang tujuannya untuk mengukur kecakapan dan kemampuan bahasa seseorang, baik itu lisan maupun tulisan, serta tes verbal ini untuk mengukur sejauh mana seseorang bisa memahami mengenai perihal yang dibicarakan.

Dengan mempunyai kemampuan verbal yang baik, seseorang atau komunikan (pendengar atau pembaca) mudah untuk memahami pesan baik itu secara tertulis (written) atau secara lisan (oral) yang disampaikan oleh komunikator.

Kemampuan verbal sangatlah berkaitan dengan inteligensi seseorang. Semakin tinggi inteligensi seseorang biasanya mempunyai pengetahuan umum atau informasi serta wawasan yang luas.

Tes verbal berkaitan dengan kemampuan bahasa serta tingkat pendidikan seseorang, jika seseorang mempunyai perbendaharaan kata (vocabulary) yang luas maka tinggi pula tingkat inteligensinya.

Kegunaan tes verbal untuk mengetahui kemampuan bahasa dan perbendaharaan kata seseorang dalam mencari kata-kata pada persamaan kata atau sinonim, dapat mencari kata yang berlawanan arti atau antonim, dapat mengelompokan kata, memiliki kemampuan pola analogi dan kemampuan verbal lainnya.

Kiat-kiat untuk dapat menyelesaikan berbagai tes jenis verbal ini dengan banyak membaca buku agar mempunyai perbedaharaan kata (vocabulary) yang banyak serta mempunyai daya ingat yang tinggi dapat membantu anda dalam menjawab soal-soal dalam pertanyaan tes verbal.
Jenis – Jenis Soal Tes Verbal :

Verbal Kosakata (vocabulary) 
Kosakata (bahasa Inggris: vocabulary) adalah himpunan kata yang dimiliki oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau semua kata-kata yang kemungkinan akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya. Karenanya banyak ujianstandar, seperti SAT, yang memberikan pertanyaan yang menguji kosakata. 

Penambahan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan bagian penting, baik dari proses pembelajaran suatu bahasa ataupun pengembangan kemampuan seseorang dalam suatu bahasa yang sudah dikuasai. Murid sekolah sering diajarkan kata-kata baru sebagai bagian dari mata pelajaran tertentu dan banyak pula orang dewasayang menganggap pembentukan kosakata sebagai suatu kegiatan yang menarik dan edukatif. 
untuk contohnya seperti ini mana yang tidak termasuk dalam kosa kata yen,euro,dolar,uang,ringgit, jawabanya adalah uang karena yen,euro,dolar,ringgit termasuk dalam satu jenis yaitu kategori mata uang, sedangkan uang tidak termasuk dalam jenisnya. 

Verbal Sinonim (persamaan arti kata) 
Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin dapat juga disebut sebagai persamaan kata atau padanan kata. 

Verbal Antonim (lawan kata) 
Antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain. Antonim disebut juga dengan lawan kata. 

Verbal Analogi (padanan kata) 
Analogi dalam ilmu bahasa adalah persamaan antar bentuk yang menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk yang lain. Analogi merupakan salah satu proses morfologi di mana dalam analogi, pembentukan kata baru dari kata yang telah ada. 
Untuk contoh soal yang di ujikan seperti ini misalnya langit:bintang maka kita harus mencari kata di antara pilihan yang tersedia jika langit=tempat lalu bintang=salah satu isinya maka kita harus mencari yang memiliki kandungan sama seperti kata tersebut misalnya lapangan:rumput 

Verbal Acak Kata (Pola Kata Baru) 
yang ini adalah soal yang paling banyak memakan waktu bagi saya pada tes verbal ini terdapat soal-soal yang masing-masing soal terdiri atas dua suku kata yang masing-masing suku kata tersebut diambil sebagiannya sehingga membentuk suku kata baru gabungan dari keduanya. sebagai contoh Tanda (Danajas) Jasa | Tanpa (.....?.....) Nama. maka jawabanya pananam untuk menjelaskanya ini sedikit sulit maka saya akan update di lain waktu 

(Sumber :www.tes-iq.com,Wikipedia,kbbi online,)

1 comment:

  1. Tolong bantu min. Untuk mengukur kemampuan verbal siswa harus menggunakan tes padanan kata, sinonim, antonim, dll. Tes tersebut dinama kan apa min yang mencakup keseluruhan dari padanan kata, sinonim, antonim dll?? Kmrn sya mnggunakan tes potensi akadenik dan penguji saya meminta untuk diganti instrumennya. Katanya TPA bukan untuk mengukur kemampuan verbal

    ReplyDelete