New Post

Linux

Linux
A. PENDAHULUAN
1. Pengertian
Linux adalah sistem operasi berbasis open source atau gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja tanpa harus membeli. Berbeda dengan Microsoft Windows yang bersifat close source atau harus membeli setiap kali kita ingin menggunakan secara legal.Sebenarnya linux adalah sebutan sistem operasi yang berbasis UNIX yang dapat beroperasi pada komputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.
 
2. Latar Belakang
banyak orang yang tidak memahami apa itu Linux
3. Tujuan
untuk memahami apa itu Linux
B. ALAT DAN BAHAN
Hardware
Laptop
Software
Google Chrome
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
90 Menit.
D. LANGKAH KERJA
Dibawah naungan lisensi GNU (GNU Not Unix) kita dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumber (source code). Bahkan bukan hanya itu saja, kita diijinkan untuk melakukan perubahan, merubah source code atau merubah keseluruhan dari sistem operasi berbasis LINUX.
Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan
 Kelebihan utama yang dimiliki dari linux adalah sistem operasi ini gratis bisa instal di komputer kita tanpa harus membeli dulu.
Linux dapamendukung akses hingga mencapai 33 macam sistem file yang jenisnya tidak sama, meliputi sistem file FAT 16, FAT 32 (dari DOS), HPFS, VFAT (Win), Minix, Novell, dan lain-lain.
Linux lebih unggul dalam bidang keamanan ,hal ini dikarenakan linux adalah sistem operasi yang bersifat multiuser sehingga apabila suatu user terkena virus, maka bisa dipastikan user yang lain adalah aman dari virus.
Kelebihan OS linux selanjutnya adalah memiliki grafis antarmuka (GUI) seperti sistem operasi modern lainnya. Tampilan yang cukup dinamis dan bervariasi membuat linux unggul dalam grafis antarmuka.
Kita tidak perlu khawatir akan terkena razia software bajakan, karena sistem operasi linux adalah sistem operasi yang berbasis gratis tanpa takut adanya linux bajakan.
Kelebihan lainnya dari sistem operasi linux adalah membentu resource yang lebih kecil, sehingga linux adalah sistem operasi yang cocok digunakan dengan spesifikasi komputer yang minim.
 Meskipun linux OS memiliki banyak kelebihan, bukan berarti OS linux tidak memiliki kekurangan. Semua SIstem Operasi pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa kekurangan Sistem Operasi Linux akan saya bahas sedikit.
Kekurangan
User atau pemakai banyak yang belum terbiasa dengan sistem operasi ini, karena kurang tenar dan populer dibandingkan dengan sistem operasi milik microsft yaitu Microsoft Windows.
 Dukungan hardware dari beberapa vendor0-vendor yang kurang mendukung untuk sistem operasi linux ini. Jika ingin membuktikan dan mengetahui secara lebih lengkap macam hardware yang mendukung untuk linux kita bisa menuju www.linux-drivers.org
Instalasi program linux yang cukup sulit, tidak semudah melakukan instalasi pada sistem operasi windows.
Struktur direktori serta hak akses yang membingungkan untuk user yang biasa mengoperasikan sistem opearsi windows.
Bagi administrator kita wajib dan perlu belajar karena belum terbiasa dengan Unix-like.
E. TEMUAN MASALAH
N/A
F. KESIMPULAN
bagi kalian yang ingin belajar linux sebaiknya mengetahui sejarah linux supaya tau kenapa linux ada
G. REFERENSI
Id.wikipedia.org

No comments