New Post

Pengenalan perangkat jaringan Juniper OS Bersama Denny Darmawan

Pengenalan perangkat jaringan Juniper OS Bersama Denny Darmawan
A. PENDAHULUAN
1. Pengertian
Juniper Networks adalah salah satu dari perusahaan produsen router di dunia seperti Cisco, Mikrotik dan Alcatel. Juniper sendiri mempunyai produk yaitu switch, router dan perangkat security seperti firewall.
2. Latar Belakang
Seluruh provide di Indonesia menggunakan perangkat juniper, seperti Indosat, Telkomsel, XL, dll. 
 
Juniper biasanya digunakan dibagian core network. Karena juniper sudah terbukti dan terkenal kehandalannya dalam jaringan telekomunikasi.
3. Tujuan
Workshop Juniper bersama INTRA Training Center.
B. ALAT DAN BAHAN
Hardware
Laptop
Software
Google Chrome
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
90 Menit
D. LANGKAH KERJA
Juniper didirikan oleh Pradeep Sindhu, Dennis Ferguson, and Bjorn Liencres pada bulan februari 1996 di California. Scott Kriens (sebelumnya dari Stratacom) menjadi CEO pada bulan oktober 1996 dan dianggap sebagai orang dibalik kesuksesan komersil Juniper. Juniper menjadi satu perusahaan pada bulan maret 1998 di Delaware dan go-public pada tanggal 25 Juni 1999.
Juniper Networks adalah salah satu dari perusahaan produsen router di dunia seperti Cisco, Mikrotik dan Alcatel. Juniper sendiri mempunyai produk yaitu switch, router dan perangkat security seperti firewall. Seluruh provide di Indonesia menggunakan perangkat juniper, seperti Indosat, Telkomsel, XL, dll. Juniper biasanya digunakan dibagian core network. Karena juniper sudah terbukti dan terkenal kehandalannya dalam jaringan telekomunikasi.
Beberapa jenis seri device yang diproduksi oleh Juniper yaitu: T-Series, M-Series, E-Series, MX-Series, J-Series routers, EX-Series Ethernet Switches and SRX-Series Security. 
Junos lebih bagus berjalan pada perangkat yang di produksi oleh Juniper. Klasifikasi model Router Juniper termasuk dalam: M-Series,J-Series, T-Series, E-Series, dan MX-Series. 
Dibawah ini beberapa model yang populer sekarang :
M-Series: M7i, M10i, M40e, M120, M320
J-Series: J2320, J2350, J4350, J6350
T-Series: T320, T640, T1600, TX Matrix, TX Matrix Plus
E-Series: E120, E320, ERX310, ERX705, ERX710, ERX1410, ERX1440
MX-Series: MX80, MX240, MX480, MX960
Jadi juniper juga memiliki beberapa varian diantarany sudah disebutkan diatas, serta masing-masing seri memiliki spesifikasi yang berbeda pula, berikut akan saya akan bahas satu per satu;
Kita mulai dari M-Series Router, yang biasa di sebut Multiservice Edge Router. Router ini dirancang khusus untuk perusahaan Corporate seperti Service Provider Network, dengan 7 Gbit/s up to 320 Gbit/s of throughput, M40 router adalah product pertama yang di rilis pada tahun 1998.
Kedua adalah J-Series Router, Router kelas Enterprise ini yang disebut Modular
Router ini banyak di gunakan oleh perusahaan – perusahaan Nasional yang memiliki banyak cabang, dimana router seri “J” ini bisa mengolah data untuk Server, VoIP, Remote Access, CRM/ ERP / SCM dll, memberikan troughput yang stabil dengan fleksibelitas dan menambahkan fitur – fitur canggih untuk routing, QOS, Security, dan manajement perfomance
 
Ketiga Yaitu T-Series, Router ini adalah core router dirancang untuk kelas tinggi
dengan troughput dari 320 Gbit/s sampai 2,56 Tbit/s dengan tingkat maximum forwarding rate 30.7 juta pps, Router ini juga memberikan Virtualisasi untuk core network. 
Selanjutnya ialah E-Series Router, Router jenis ini sangat cocok dipakai untuk Routing protocol dimana mendukung BGP-4, IS-IS, OSPF dan RIP, Seri ini juga ideal digunakan untuk Penyedia layanan dengan operasi kapasitas yang tinggi POPs.
Type terakhir adalah MX-Series dari Juniper dirancang untuk meningkatkan inisiatif TI terdepan untuk penggabungan data center, virtualisasi server dan kesinambungan teknologi informasi. Di mana menyediakan kemampuan hi port
-density routing dan switching yang memungkinkan penghematan daya listrik, ruang, serta biaya pendinginan hingga 50 persen.
Keunggulan Juniper:
Enterpress.
Handal, baik dalam hal security maupun virtualisasi.
Memiliki beberapa teknologi terbaru dibandingkan cisco dan alcatel.
Memiliki sebuah sistem dengan integeritas yang tinggi sehingga mampu menangani beban-beban yang berat.
E. TEMUAN MASALAH
N/A
F. KESIMPULAN
juniper ini ialah vendor terbesar di dunia, yang mana dalam arsitekturnya sudah menyeluruh (enterprise) mulai dari perusahaan kecil hingga terbesar, dan juniper ini sangat handal di bagian firewall dan virtualisasi, yang mana teknologi ini belum ada yang menandingi.
G. REFERENSI
en.wikipedia.org
Mas Danny Darmawan












No comments