New Post

Pengenalan GNS 3

GNS 3
A. PENDAHULUAN
1. Pengertian
 Penjelasan seputar GNS3
GNS3 adalah emulator perangkat lunak jaringan yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2008. Hal ini memungkinkan kombinasi perangkat virtual dan nyata, digunakan untuk mensimulasikan jaringan yang kompleks. Ini menggunakan software emulasi Dynamips untuk mensimulasikan Cisco IOS.
2. Latar Belakang
Hal yang melatarbelakangi ini yaitu untuk mengetahui suatu simulasi yang terdapat pada GNS3
3. Tujuan
Agar dapat membuat design jaringan walaupun hanya pada komputer.
B. ALAT DAN BAHAN
Hardware
Laptop
Software
Aplikasi GNS 3
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
90 Menit.
D. LANGKAH KERJA
GNS3 merupakan sebuah program graphical network simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainnya. Program ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, atau Mac OS X.
Untuk memungkinkan simulasi lengkap, GNS3 memiliki beberapa komponen yaitu:
Dynamips
Dynamips merupakan software yang dibuat oleh Christophe Fillot. Software ini untuk mensimulaikan IOS router Cisco seri 1700, 2600, 3600, 3700, dan 7200. Dynamips dikembangkan untuk keperluan training, testing, eksperimen, dan menguji kualitas konfigurasi IOS pada router secara real. Software ini berbasis CLI dan tidak memiliki mode GUI sehingga harus memahami perintah-perintahnya. Dynamips mampu berjalan dibeberapa sistem operasi seperti linux dan windows.
Dynagen
Dynagen dibuat oleh Greg Anuzelli merupakan program front-end untuk dynamips yang berfungsi untuk menyederhanakan konfigurasi dynamips.
Qemu
Untuk membuat suatu simulasi jaringan di GNS3 terkadang kita memerlukan keberadaan end user device untuk keperluan test koneksi end to end sehingga simulasi routing menjadi terasa lebih realistic. Qemu merupakan aplikasi emulator yang mengandalkan translasi binary untuk mencapai kecepatan yang layak saat berjalan di arsitektur komputer host. Dalam hubungannya dengan komputer host, Qemu menyediakan satu perangkat model yang memungkinkan untuk menjalankan berbagai sistem operasi yang belum dimodifikasi sehingga dapat ditampilkan dalam hosted virtual machine monitor. Qemu juga dapat memberikan dukungan percepatan modus campuran binary translation (untuk kernel code) dan native execution (untuk user code)
WinPCAP
WinPcap adalah tool standar yang digunakan pada industri untuk mengakses link-layer network pada lingkungan kerja Windows. WinPCap mengizinkan aplikasi untuk mengambil dan mentransmisikan paket-paket jaringan, serta mendukung kernel-level packet filtering, network statistics engine, dan remote packet capture.
VPCS
Merupakan emulator PC/node
Prinsip kerja dari  GNS3 adalah mengemulasi Cisco IOS pada komputer Anda, sehingga PC Anda dapat berfungsi layaknya sebuah atau beberapa router bahkan switch, dengan cara mengaktifkan fungsi dari EthernetSwitch Card.
GNS3 dirilis dalam proyek open source dan tersedia dalam berbagai platform OS, seperti Windows, Linux dan MAC OSX.
Fitur-fitur yang didukung GNS3 antara lain:
Desain jaringan kualitas tinggi dan topologi jaringan yang kompleks.
Mengemulasikan berbagai platform Cisco IOS router, IPS, PIX dan ASA firewall, JUNOS.
Simulasi Ethernet sederhana, ATM dan Frame Relay switch.
Koneksi antara jaringan simulasi dengan jaringan yang sesungguhnya di dunia nyata.
Dapat dihubungkan ke jaringan fisik.
Dapat diintegrasikan dengan wireshark (tools packet capture/analyzer) untuk analisa traffic jaringan.
Kelebihan Menggunakan GNS3
Karena IOS nya adalah real, maka kita seakan-akan melakukan konfigurasi pada router sungguhan.
Kelebihan lain, GNS3 memungkinkan untuk menjalankan router high end (seri 3600, maupun 7200) yang tidak bisa dijalankan pada packet tracer.Pada GNS3 kita juga dapat menjalankan router Firewall(PIX).
E. TEMUAN MASALAH
N/A
F. KESIMPULAN
Dapat di simpulkan bahwa gns3 adalah aplikasi simulasi topologi jaringan yang lebih kompleks dari cisco packet tracer dan biasa di gunakan oleh seorang IT untuk membuat topologi sebelum merancang jaringan yang sebenarnya.
G. REFERENSI
en.wikipedia.org
www.gns3.net

No comments